Jumat, 29 November 2013

Cara Memeriksa Poros Gardan

Pemeriksaan poros gardan dibagi menjadi 3 bagian yaitu;

a. Pembongkaran

    Lepas sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangka kemudian lepaskan poros propeller
    Sebelum melepaskan poros propeller dari flens penyambung jangan lupa untuk member tanda pemasangan.
    Masukkan peralatan khusus ke dalam ujung belakang dari rumah transmisi untuk mencegah kebocoran oli.
    Siapkan poros propeller di atas bangku kerja
    Beri tanda pemasangan flens yoke dan poros propeller.
    Lepaskan map ring dan buka bantalan spider/  jarum bagian belakang.
    Buka dan lepas snap ring dari bantalan jarum/spider bagian depan.
    Tekan ujung yang satu dari bantalan jarum dengan ragum dan soket ukuran 14 mm dan 21 mm sehingga sisi lainnya dari batnalan jarum masuk ke dalam soket ukuran 21 cm
    Pukul poros propeller hingga bantalan jarum ditarik keluar dan jaga bantalan tidak boleh berjatuhan.

b. Pemeriksaan

    Cuci bagian yang dibongkar dan periksa kemungkinan rusak aus atau berkarat.
    Periksa bagian yang diberi nomor kemungkinan aus, rusak dan berubah bentuk
    Yoke sambungan dnegan selubung periksa bagian -bagian yang mungkin aus, rusak dan berubah bentuk.
    Periksa yoke flens sambungan universal kemungkinan aus dan rusak.

c. Perakitan

    Pasang komponen-komponen poros propeller sesuai nomor urutnya.
    pasang pada sipder pada Yoke dengan menggunakan peralatan khusus dan ragam atau alat pengepres yang lebih dahulu dipasang pada bantalan pada salah satu bagian spider dengan cara yang sama.
    Sesudah dipsang, pemeriksa kehalusan putaran dengan jalan memutar selubung atau flens yoke ke kiri dan ke kanan.
    Pasang poros dengan kelengkapan setelah tanda-tanda pemasangan yang dibuat waktu melepas dicocokkan.
    Pada waktu memasang poros propeller 3 sambungan, pertama-tama setel posis bantalan tengah dalam kendaraan tanpa beban.
    Cocok garis tengah bantalan harus tegak lurus pada garis tengah poros tengah.
    Setel selesai pemasangan bagian sambungan univesal, selubung yoke yang masuk ke dalam transmisi harus diberi minyak pelumas
    Keraskan baut pengikat menurut spesifikasinya.

Random Posts

    Service Nosel Injektor Bikin Maksimal Peranti Vital
    Artikel Otomotif akan berbagi informasi otomotif yang didapat dari majalah otomotif 51XIV, April 05. tentang service nosel injektor yang dapat memaksimalkan fungsi peranti vital pada kendaran motor An...
    Fungsi Cara Kerja Injeksi
    Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik atau sistem EFI terdiri dari dua sistem utama yaitu sistem bahan bakar, sistem induksi udara. a. Sistem Bahan Bakar Sistem Ba...
    Cara Menyetel Karburator Mobil
    Ada 3 sekerup di karburator yang memegang peran penting membuat mesin bensin menjadi optimal. Berikut ini 6 cara menyetel karburator mobil. 1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC dihidupkan. Penye...
    Mengerti tentang Pengapian Mobil Reli
    Artikel Otomotif kali ini akan membahas tentang pengapian pada mobil reli. Tentunya Anda sudah tahu seperti apa mobil reli itu. Selama ini banyak orang mengira bahwa mesin mobil akan langsung menya...



Supported by :

www.nusapalapa.com

Tempatnya juragan kumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar